"Pemberantasan Gencar, Korupsi Jalan Terus"

Mural Korupsi
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Nilai Indeks Persepsi Indonesia pada 2010 tidak mengalami perubahan dibanding 2009. Transparansi Internasional Indonesia melihat bahwa kinerja pemberantasan korupsi di Indonesia selama satu tahun terakhir tidak mengalami kemajuan.

"Jalan di tempat atau stagnan dalam artian pemberantasan korupsi bisa membahana dengan segala kegemuruhannya tapi di sisi lain korupsi jalan terus," kata Ketua Badan Pengurus Transparency International Indonesia Todung Mulya Lubis, di Kantor TII, Jakarta, Selasa 26 Oktober 2010.

Todung mengaku tidak heran dengan nilai yang tetap itu. Todung justru menduga nilai IPK Indonesia bakal turun akibat pelemahan pemberantasan korupsi di Indonesia selama satu tahun terakhir yakni saat terjadi perseteruan 'cicak vs buaya'.

"Tapi ini sebenarnya bukan perseteruan antara individu kepolisian dan KPK, tapi perseteruan antara dua ideologi yakni antikorupsi dan prokorupsi. Perseteruan ini yang membuat kriminalisasi untuk Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah," ujarnya.

Seperti yang diumumkan TII, nilai IPK Indonesia pada 2010 adalah 2,8. Namun, meski nilai IPK tetap, peringkat Indonesia naik ke posisi 110 dari 111 pada 2009.

Negara yang paling tinggi IPK-nya diduduki oleh Denmark, Selandia Baru, dan Singapura. Tiga negara itu meraih IPK 9,3. Sedangkan negara terkorup adalah Somalia dengan nilai 1,1; diikuti oleh Myanmar (IPK=1,4) dan Afghanistan (IPK=1,4).

Untuk ukuran Asia Tenggara, Indonesia berada di posisi kelima negara yang bersih dari korupsi. Indonesia berada di bawah Thailand (IPK=3,5), Malaysia (IPK=4,4), Brunei Darussalam (IPK=5,5), dan Singapura (IPK=9,3).

Pada 2009, nilai IPK Indonesia adalah 2,8. Indonesia pun pada 2009 menduduki peringkat 111 dari negara yang bersih dari korupsi.

Vietnamese EV Taxi Service Push Sustainability Agenda with VinFast
Ilustrasi utang.

5 Negara yang Paling Jarang Utang di Dunia, Nomor 1 Tetangga Indonesia

Tidak semua negara di dunia ini mengandalkan utang dalam proses pembangunan dan pengelolaan pemerintahannya. Ada lima negara yang memiliki tingkat utang paling rendah.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024