ICW Serahkan Data Dugaan Korupsi Dana Sekolah

Try Out Ujian Nasional
Sumber :

VIVAnews - Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Koalisi Anti Korupsi Pendidikan (KAKP), Selasa 13 April 2010 siang, menyerahkan laporan dugaan korupsi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Biaya Operasional Pendidikan (BOP) Tempat Kegiatan BelajarĀ  Mandiri (TKBM) 2007-2009 di SMP Induk. Laporan itu diberikan kepada anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Wanda Hamidah.

"Ini merupakan simbol agar DPRD DKI mau membantu pengungkapan kasus dugaan korupsi dana BOS dan BOP," kata Peneliti Pelayanan Publik ICW Febri Hendri di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa 13 April 2010.

Setelah menyerahkan berkas laporan dugaan korupsi dana BOS dan BOP, langsung dilanjutkan dengan dengar pendapat di ruang dewan yang juga dihadiri beberapa pengelola TKBM.

ICW dan KAKP merekomendasikan kepada DPRD agar memanggil mantan Kepala Dinas Pendidikan periode 2007-2009 untuk dimintai keterangan mengenai tidak adanya petunjuk teknis tambahan pengelolaan dana BOS-BOP.

"Juga memanggil para mantan Kepala SMP Induk TKBM, yakni Kepala SMP 28 Jakarta Pusat dan SMPN 95 Jakarta Utara, SMP 84, SMP 190, dan SMP 30 untuk menjelaskan penggunaan dana BOS-BOP TKBM periode 2007-2009," kata Febri.

Selain itu, mereka juga meminta DPRD memanggil Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo atau Inspektorat Provinsi DKI guna menjelaskan hasil pemeriksaan Inspektorat terkait kasus dugaan korupsi dan BOS-BOP TKBM 2007-2009 di SMP induk.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan DKI Jakarta berjanji untuk menindaklanjuti laporan hasil pemeriksaan dugaan korupsi dana BOS dan BOP dari Inspektorat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sebab, dalam laporan ini disebutkan dua nama yang dianggap paling bertanggungjawab terkait dugaan penyelewengan.

"Tetapi, saya belum tahu nama itu dari institusi mana. Apakah mantan kepala sekolah induk, kepala sekolah induk yang sekarang, atau pengelola TKBM," kata Taufik.

Pemobil Fortuner Ngaku Adik Jenderal Sembunyikan Mobil di Rumah Kakak, Pelat TNI Palsu Dibuang
Nikita Mirzani

Ingin Silaturahmi ke Nikita Mirzani, Lolly Gak Ngarep Dinafkahi atau Masuk KK Lagi

Lolly menegaskan bahwa tujuannya datang ke rumah sang ibunda bukan bermaksud untuk minta dinafkahi lagi seperti dahulu.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024